Energipos.com/Bioenergi/Bisnis

shadow

Jalankan B15, BPDP Sawit Kejar Setoran Rp 1 Triliun/Bulan

ENERGIPOS.COM, Jakarta--Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP Sawit) tengah kejar setoran agar program Biodiesel 15 persen (B15). Setiap bulan lembaga yang baru dibentuk ini menargetkan mengumpulkan dana Rp 1 triliun.

Menurut Direktur Penyaluran Dana BPDP, Dadan Kusdiana Pertamina sudah sepakat mengumpulkan modal. Paling cepat 16 Agustus B15 akan diterapkan di bahan bakar minyak (BBM) solar subsidi. Sebelumnya dananya harus sudah siap.

"Dengan Pertamina kita sepakat harus ada modalnya dulu untuk subsidinya. Jadi kumpulkan dulu sebulan. Sebulan berjalan baru nanti mulai yang biodiesel-nya. Jadi paling cepat 16 Agustus untuk yang B15 yang PSO," kata Dadan.

Ditemui di kantor Kementerian ESDM, Dadan mengungkapkan dana yang harus dikumpulkan agar terlaksananya program ini mencapai Rp 4 triliun hingga Rp 5 triliun. Dana sebesar itu untuk keperluan program B15 hingga akhir tahun.

"Prediksi kira-kira Rp 4 triliun sampai dengan Rp5 triliun sampai akhir tahun mulai sekarang. Sebulan Rp1 triliun. Tergantung harga BBM dan sawit," jelas Dadan yang juga masih merangkap Kapuskom Publik KESDM ini.

Dia menambahkan, penerapan B15 untuk BBM subsidi ini akan dilakukan sebanyak 200 Kiloliter (kl) per bulan. Sehingga diperkirakan sampai akhir tahun penyerapan B15 bisa sebanyak satu juta kiloliter (kl) per tahun.(mt)

Baca Juga