Energipos.com/Bioenergi/Bisnis

shadow

Dana Kontribusi Ekspor CPO Bisa Hambat Biodiesel

ENERGIPOS.COM, JAKARTA--Rencana pemberlakuan dana kontribusi ekspor CPO bisa mengancam pengembangan biodiesel. Sebab, pungutan ini berpotensi mengganggu program pengembangan biodiesel.

"Pelaksanaan dana ini masih belum berjalan. Khabarnya rencananya bulan Juli nanti. Kami berpandangan ada potensi menjadi disinsentif pengembangan program biodiesel," ujar Suryadharma, Wakil Ketua METI.

Suryadharma yang mengungkapkan hal itu saat acara peluncuran IndoEBTKE 2015, Kamis malam (25/6/2015) di Jakarta. Meski demikian dia juga belum bisa memastikan bentuk konkrit disinsentif itu nantinya.

Dia mengakui bahwa dana kontribusi sebesar 50 USD untuk setiap 1 ton CPO yang diekspor bertujuan untuk pengembangan biodiesel. Hanya saja pengenaan dana tersebut sekaligus juga memberikan beban bagi produsen.

Suryadharma menambahkan bahwa saat ini berdasarkan mandatory, biodiesel yang diperdagangkan adalah yang memiliki kandungan 20 persen bahan bakar nabati. Dia khawatir pengenaan dana itu bisa menghambat program peningkatan kandungan BBN dalam biofuel.(mt)

Baca Juga