Energipos.com/Bioenergi/Bisnis

shadow

Dorong Biofuel, DEN Usulkan Penugasan Khusus Pada BUMN

ENERGIPOS.COM, JAKARTA--Untuk mendorong percepatan dan pengembangan biofue, Dewan Energi Nasional (DEN) minta Presiden menugaskan khusus kepada BUMN. Tugas ini dalam mendukung penyediaan biodiesel dan bioethanol.

"Dukungan BUMN itu termasuk sisi on farm dan off farm," ujar Achdiat Atmawinata, anggota DEN dari sektor perindustrian di Jakarta, Senin (29/6/2015). Dia mengungkapkan itu saat Sidang DEN ke 14 di Kementerian ESDM.

Selain itu, dalam sidang yang diikuti oleh seluruh pemangku kepentingan itu juga merekomendasikan memberlakukan sanksi tegas bagi badan usaha yang tidak menggunakan biofuel sesuai Permen ESDM No. 25 Tahun 2013.

Kemudian juga menugaskan kepada badan usaha selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2015 agar membeli biodiesel untuk transportasi PSO dan Non PSO serta bioethanol untuk transportasi Non PSO.

DEN jugaminta pemerintah perlu mengalokasikan dana subsidi untuk biodiesel dan bioethanol tahun 2016 dan tahun selanjutnya. Serta perlu mengalokasikan dana untuk pengembangan EBT dalam struktur APBN.

Sidang DEN juga minta mempercepat penghimpunan dana dari pungutan CPO/CPKO untuk pengembangan industri kelapa sawit serta membentuk badan pengawas untuk mengawasi secara ketat penggunaan dana tersebut.

Sedang kepada Badan Standarisasi Nasional agar segera menerapkan SNI biodiesel dan bioethanol sesuai dengan standar internasional. Tujuannya agar tercipta standarisasi produk yang ada dipasaran.(mt)

Baca Juga