Energipos.com/Bioenergi/Korporasi

shadow

Bensin Singkong Lampung Ini Tembus Pasar Ekspor

ENERGIPOS.COM,Jakarta Singkong tak lagi hanya menjadi makanan kelas rendah. Ditangan para pekerja di PT Indonesia Ethanol Industry (IEI), ratusan ton singkong segar dan gaplek diolah menjadi bioethanol tepatnya berupa fuel grade ethanol yang diminati pasar luar negeri. Berkapasitas 750 ton segar per hari, pabrik ini memang berada di sentra kebun singkong. Tepatnya desa Sriwijaya, Kecamatan Bandar Matar, Lampung Tengah. Singkong sebanyak itu setiap hari dihasilkan sekitar 30 ribu liter ethanol bahan bakar dan sekitar 50 ribu liter ethanol berkadar 95 %.

Menurut Franky Djunaidi, General Manager PT IEI, saat ini produk ethanol bahan bakar laris manis dibeli pelanggannya di Philipina. Selain itu juga beberapa negara Asia lainnya. Bahkan permintaan dalam jumlah besar juga datang dari Afrika Selatan. Franky mengungkapkan harga jual ethanol bahan bakar untuk pasar ekspor tergolong bagus.

Pada akhir tahun lalu saja, misalnya, mencapai sekitar 700 USD per metrik kubik FOB (Freight On Board). Bahkan dalam beberapa waktu belakangan ini harga bioenergi ini ikut terdongkrak akibat kenaikan harga minyak mentah. Namun, Franky tetatp menambakan bisa memasok pasar domestik. Sejujurnya, lebih enak memasarkan di dalam negeri, ujar Franky. Hanya saja, dia mengungkapkan konsumen di dalam negeri bukan tak membutuhkan. Tetapi dikatakan masih tidak menentu.(ris/dsb/bulbioenergi)

Baca Juga