Energipos.com/Bioenergi/Korporasi

shadow

Pabrik Semen di Tuban Ini Mensubstitusi Batubara dengan Biomassa Sejak 2009

ENERGIPOS.COM,Jakarta–Tak ingin bergantung hanya pada batubara, Pabrik Tuban 3 milik PT Semen Indonesia mensubstitusi bahan bakarnya dengan biomassa. Hasil, lebih murah dan ramah lingkungan karena emisi CO2 menurun tajam serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat sebagai pemasok biomassa.

“Selama melakukan substitusi batubara dengan biomassa dari 2009-2012 kami menghemat Rp 57,275,” ujar Rahardi Mahardika ST, dari Bagian Pengembangan Energi PT Semen Indonesia. Penghematan sebesar itu diperoleh dari pengurangan konsumsi batubara yang mencapai 162.990 ton. Diungkapkan oleh Rahadi, setiap 10 ton biomassa mampu menggantikan 6 ton batubara sebagai bahan bakar. Limbah biomassa ini komposisinya terdiri sekam padi (50 %), cocopeat atau serbuk sabut kelapa (30 %), serbuk gergaji (15 %) dan limbah tembakau.

Dengan mempertahankan kadar air tertentu pada masing-masing limbah biomassa tersebut bisa dihasilkan nilai kalori sebesar 3.500 kkal/kg. Komposisi tersebut juga bertujuan agar tungku pembakaran bisa mencapai 800-900 derajat celcius. Semuanya dilakukan dengan standar kualitas bahan baku dan proses yang ketat dan mutu terjamin. Hasilnya, sangat baik dan menguntungkan.

Tak ada limbah samping alias zero waste karena abu yang dihasilkan menjadi clinker. Sedang emisi CO 2 hingga menjadi 698 kg/ton pada tahun 2012. Masyarakatpun kecipratan rejeki. Baik sebagai pemasok sekam padi, serbuk gergajian, serbuk sabut kelapa, limbah tembakau maupun jasa bongkar muat serta transportasi.(ris/buletinbioenergi)

Baca Juga